PROFIL

IDENTITAS, VISI, MISI, TUJUAN, PROFIL LULUSAN 

 

A. IDENTITAS 

Program Studi : Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Jurusan/Departemen : Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas : Fakultas Agama Islam
Perguruan Tinggi : Universitas Yudharta Pasuruan
Nomor SK pendirian Program Studi : E/152/1997
Tanggal SK pendirian Program Studi : 22 Juli 1997.
SK Pendirian Program Studi : Malik Fadjar (Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
Penyelenggaraan Program Studi : 22 Juli 1997.
Nomor SK Izin Operasional : 1222 tahun 2012.
Tanggal SK Izin Operasional : 15 Agustus 2012.
Peringkat Akreditasi Terakhir : “B”
Nilai Akreditasi Terakhir : 340
Nomor SK BAN-PT : 2499/SK-BAN-PT/Aked/S/X/2016.
Alamat Program Studi : Jalan Yudharta No. 07 Sengonagung Purwosari Pasuruan Jawa Timur
No. Telepon Program Studi : 085646497152.
No. Faksimili Program Studi : 0343-611186
Homepage dan E-mail Program Studi : http://pba.yudharta.ac.id/ dan pba@yudharta.ac.id

B. VISI

Menjadi Program  Studi Pendidikan Bahasa Arab yang aktif dalam pengembangan dan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bahasa Arab serta pengabdian masyarakat yang berlandaskan tata nilai kehidupan masyarakat religius  pluralistik untuk mengupayakan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang profesional dan bermartabat

 

C. MISI:

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang dapat membuat mahasiswa memiliki kemampuan untuk mandiri, kreatif, analitis dan inovatif dalam pengembangan dan penemuan IPTEK dibidang Pendidikan Bahasa Arab.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat untuk menghasilkan karya-karya inovatif di bidang Pendidikan Bahasa Arab dalam rangka berperan terhadap kemajuan dan kemandirian masyarakat; dan
  3. Menciptakan iklim akademik Pendidikan Bahasa Arab yang beraksentuasi untuk perubahan dan pengembangan keilmuan yang bernafaskan religius pluralistik

 

D. TUJUAN:

  1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang dapat bersaing pada dunia pendidikan dan memiliki kemandirian, kreatif, analitis dan inovatif dalam pengembangan dan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  2. Menjadikan sarjana Pendidikan Bahasa Arab yang mampu memahami dasar penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Arab dan mampu mengimplementasikan pengabdian masyarakat yang inovatif di bidang Pendidikan Bahasa Arab dalam rangka berperan terhadap kemajuan dan kemandirian masyarakat.
  3. Terciptanya iklim akademik Pendidikan Bahasa Arab yang dinamis untuk pengembangan keilmuan yang bernafaskan religius pluralistik

 

E. PROFIL LULUSAN

Profil Utama Pendidik bahasa Arab pada tingkat dasar dan menengah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas, kreatif, mengikuti perkembangan mutakhir bidang pendidikan bahasa Arab dan mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan metodologi pembelajaran
Profil Tambahan
  1. Praktisi pendidikan bahasa Arab di tingkat dasar dan menengah yang berperan sebagai pengelola pendidikan, pengembang bahan ajar dan media berbasis IT;
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat dasar dan menengah
  3. Penerjemah yang mampu menerjemahkan teks bahasa Arab ke Indonesia dan sebaliknya.